Cara Mendapatkan Uang Dengan Memanfaatkan Barang Bekas

By | April 7, 2020

Kalau mempunyai barang bekas di rumah pastinya ingin cepat dibuang sebab hanya akan membuat rumah terlihat tidak rapi dan bisa menjadi sarang kuman juga barang tersebut. Harusnya barang-barang tersebut jangan langsung dibuang tetapi bisa dimanfaatkan menjadi barang baru yang punya nilai ekonomis. Ada banyak contoh kerajinan cantik dari barang bekas di AnakDosen.com, masyarakat juga bisa membuat kerajinan tersebut untuk dijual.

5 Ide Daur Ulang Yang Bisa Jadi Uang

Menciptakan benda baru atau produk baru bukan hanya bisa dengan bahan yang baru juga tetapi bisa juga dengan mendaur ulang barang-barang bekas. Barang bekas yang seringnya dianggap sebagai sampah kalau dimanfaatkan bisa menjadi benda yang berguna sekali untuk masyarakat. Ada beberapa jenis barang yang bahan pembuatannya dari barang bekas dan berikut daftar barangnya.

  • Sarung Bantal

Kalau punya baju yang sudah tidak terpakai karena bolong atau karena sudah kusam maka jangan langsung dibuang baju tersebut. Sebab baju bekas bisa diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan dan bisa juga dijadikan lap. Selain itu baju bekas ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat sarung bantal.

Untuk caranya tinggal gunting saja baju yang ukurannya sama seperti bantal, setelah itu jahit ketiga sisi baju dengan mesin atau pakai tangan. Setelah selesai tinggal masukan saja bantal ke sarung bantal dan jahit bagian sarung yang masih terbuka, jadi tidak perlu lagi beli sarung bantal cukup manfaatkan baju bekas saja.

  • Pot Bunga

Ban mobil yang sudah tidak terpakai biasanya hanya menumpuk di garasi atau di bengkel, kalau dibiarkan begitu saja bisa-bisa ban bekas tersebut jadi sarang jentik-jentik nyamuk. Agar tidak menjadi sarang penyakit lebih baik ban tersebut bisa dimanfaatkan jadi pot bunga saja.

Cara membuat pot ini tidak terlalu sulit, pertama cat dulu saja ban bekasnya dengan warna-warna yang mencolok. Kemudian ikat salah satu sisi ban dan langsung gantungkan ban saja. Kalau sudah isi ban dengan tanah dan juga tanam bunga atau tanaman hias lainnya di ban. Pot bunga ini selain bisa memperindah halaman rumah bisa menghasilkan uang juga kalau dijual.

  • Celengan

Menabung itu harus diajarkan kepada anak, sebab dengan menabung jadi bisa belajar berhemat. Menabung tidak harus di bank tetapi bisa di celengan, celengan ini ternyata bisa dibuat dari barang yang sudah tidak terpakai seperti kaleng bekas. Jadi kalau ada banyak kaleng bekas di rumah bisa dimanfaatkan jadi celengan.

Cara membuat celengannya itu mudah, tinggal siapkan kaleng bekas saja yang ukurannya cukup besar. Setelah itu tinggal lubangi tutup kaleng tersebut, ukuran lubangnya harus samakan dengan besar uang. Agar celengan lebih menarik bisa cat kaleng bekasnya dengan warna sesuai selera. Selain bisa jadi celengan, kaleng bekas juga sering dijadikan tempat menyimpan bumbu dapur.

  • Rak Susun dan Mainan Anak

Punya kardus bekas yang tebal, bisa dimanfaatkan jadi rak susun. Jadi tidak perlu membeli rak yang mahal harganya, cukup manfaatkan kardus saja. Agar bisa membuat rak susun yang cantik maka cat dulu bagian luar kardus, setelah itu tinggal susun saja kardus-kardusnya sehingga membentuk rak.

Selain bisa jadi rak, kardus tersebut juga bisa dijadikan benda lainnya yang tidak kalah bermanfaat. Contohnya dibuat jadi mainan anak, seperti mobil-mobilan, robot-robotan dan juga mainan dapur-dapuran. Mainan tersebut tentunya bakal disukai oleh anak-anak. Untuk cara membuat mainan tersebut bisa melihat caranya di AnakDosen.com.

  • Tempat Alat Tulis

Botol bekas yang seringnya dibuang begitu saja ternyata bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan alat tulis. Sebenarnya kerajinan ini sudah umum sekali dan untuk cara membuatnya juga mudah sekali. Caranya tinggal cari saja botol bekas, setelah itu buang bagian atas botol sudah jadi tempat alat tulis. Agar tidak terlalu biasa saja bisa cat botol agar menarik, selain itu botol ini juga bisa jadi pot bunga.

Pentingnya Mendaur Ulang Barang Bekas

Masih banyak masyarakat yang tidak tahu pentingnya mendaur ulang barang-barang bekas, kebanyakan masyarakat malahan membuang sampah sembarangan dan inilah yang menyebabkan lingkungan tercemar. Daur ulang perlu dilakukan karena manfaatnya ada banyak sekali, seperti bisa melindungi lingkungan. Sebab kalau buang sampah yang tidak bisa terurai pasti akan menyebabkan lingkungan rusak.

Manfaat lainnya adalah bisa membuat produk atau kerajinan tangan yang menghasilkan uang kalau dijual. Jadi tidak semua barang bekas itu tidak ada nilainya, sebab kalau dimanfaatkan bisa jadi uang. Sudah banyak masyarakat yang kaya dan sukses karena menjual kerajinan tangan dari barang-barang bekas. Kalau penasaran caranya membuat kerajinan tangan dan juga mau tahu tata cara daur ulang yang benar seperti tinggal akses saja AnakDosen.com.

Share Button