Kendala Saat Bicara di Muka Umum

By | August 20, 2020

 

Kalau diberikan tugas presentasi pekerjaan atau tugas sekolah pasti merasa ada beban karena harus menyampaikan hasil pekerjaannya di depan orang-orang. Rasa takut jelas ada, sebab tanggapan audiens pasti akan berbeda-beda ada yang menerima dan ada juga yang menentang. Sebenarnya tidak perlu takut karena yang mengerjakan tugas itu Anda sendiri, kalau orang lain mau berpendapat seperti apa tidak jadi masalah karena waktu mengerjakan tugas tersebut sudah maksimal.

Trik Supaya Berani Berbicara Di Depan Audiens

Kalau sudah sering berbicara di muka umum pastinya tidak akan merasa canggung lagi kalau harus melakukan itu lagi, tetapi kalau baru pertama kali melakukannya pasti akan malu sekali. Sebab biasanya hanya berbicara dengan teman juga keluarga saja, sebenarnya bicara di depan hadirin itu tidak beda dengan bicara dengan teman. Sebab sama-sama manusia dan makan nasi, agar lebih percaya diri lagi waktu berbicara bisa praktikan trik-trik berikut ini.

  • Membangun Rasa Percaya Diri

Percaya diri yang tinggi itu perlu dimiliki sebab itu bisa berguna sekali dalam melakukan segala macam kegiatan seperti untuk presentasi. Kalau kurang percaya diri tidak akan bisa bicara dengan orang asing dan ini menyebabkan sulit berkembang karena tidak pernah berinteraksi dengan orang lain. Agar lebih percaya diri caranya mudah dan caranya adalah terima saja kekurangan yang dimiliki dan jadikan kekurangan tersebut sebagai kelebihan.

  • Percaya Dengan Kemampuan Sendiri

Umumnya kalau tampil di depan umum pasti merasa tidak percaya dengan kemampuannya sendiri dan hal tersebutlah yang menyebabkan presentasi bisa gagal karena waktu berbicara tidak lancar. Harusnya itu lebih percaya dengan kemampuannya sendiri saja dan tanamankan dalam hati kalau orang lain yang mendengarkan Anda berbicara kemampuannya tidak sehebat yang Anda miliki. Jika sudah berpikiran seperti itu pasti akan lebih percaya diri lagi untuk berbicara.

  • Hilangkan Rasa Minder

Rasa minder jelas dimiliki oleh semua orang, tetapi rasa minder ini tidak ada manfaatnya kalau dimiliki. Sebab dengan adanya rasa tersebut membuat seseorang tidak berani melakukan sesuatu seperti berbicara dengan orang lain.

Biasanya yang sering minder itu akan lebih memilih diam dan tidak berani menyampaikan pendapatnya sebab takut kalau pendapat tersebut tidak diterima oleh orang lain. Sebaiknya rasa minder tersebut harus cepat dihilangkan karena akan menghambat seseorang untuk berkembang.

  • Yakin Akan Selalu Berhasil

Semua jenis kegiatan yang dilakukan akan selalu berhasil kalau yang melakukannya itu sudah yakin kalau kegiatan tersebut akan sukses. Hal tersebut juga berlaku kalau menjadi pembicara di seminar, kalau percaya presentasinya berhasil maka akan berhasil.

Dengan punya pikiran positif maka akan lebih berusaha keras untuk bisa menyelesaikan tugasnya sebagai pembicara dengan baik. Tetapi kalau dari awal sudah takut mana bisa kegiatan tersebut akan berjalan lancar sebab untuk memulainya saja sudah tidak percaya diri.

  • Sering Mengobrol Dengan Orang Lain

Kemampuan berbicara tidak akan bertambah bagus kalau hanya duduk diam saja di rumah, kemampuan ini akan bagus kalau sering digunakan. Jadi harus sering berinteraksi dengan orang lain, jangan hanya berbicara dengan keluarga juga teman saja tetapi asah kemampuan berbicara dengan mengajak bicara orang asing. Selain kemampuan berbicara jadi bagus, cara ini juga akan menumbuhkan rasa percaya diri.

  • Jangan Takut Menjadi Pusat Perhatian

Ada banyak orang yang merasa malu kalau harus jadi pusat perhatian, harusnya tidak seperti itu karena rasa takut tersebutlah yang menghambat kesuksesan. Kalau ingin tidak takut lagi maka cobalah untuk memakai pakaian yang unik saja agar jadi pusat perhatian. Jika sering melakukan itu maka tidak ada kendala lagi kalau harus presentasi atau memimpin sebuah seminar.

  • Jangan Hindari Audiens

Jika sedang berbicara usahakan jangan menghindari lawan bicara, contohnya tidak memandang lawan bicara tetapi melihat ke tempat lain. Kalau hal tersebut dilakukan pasti audiens atau orang yang mendengarkan akan menganggap yang bicara itu tidak sopan atau mengira kalau kurang percaya diri. Jadi agar anggapan tersebut hilang dan bicaranya lebih santai langsung kontak mata saja dengan audiens.

Persiapan Penting Sebelum Bicara Di Muka Umum

Sebelum berbicara di depan khalayak umum maka harus melakukan beberapa macam persiapan, persiapan inilah yang menjadi penentu sukses dan tidaknya seminar atau presentasi. Persiapan yang pertama adalah mempersiapkan materi yang akan disampaikan, materi ini harus yang lengkap jadi kalau ada yang bertanya bisa langsung dijawab.

Persiapan kedua adalah persiapan peralatan, kalau perlengkapan yang digunakan sudah siap semuanya pasti acaranya akan berjalan lancar. Tetapi kalau ada satu peralatan yang tidak ada pasti acara akan gagal. Misalnya saja laptop yang dipakai itu rusak saat presentasi jelas akan gagalnya sebab perangkat tersebutlah yang menjadi sarana penyampaian materi. Jadi wajib sekali mengecek peralatan sebelum acara dimulai.

Share Button